by

Kukerta Unri Laksanakan Penyemprotan Cairan Desinfektan Di Bukit Batrem, Kota Dumai Untuk Menangkal Virus Covid19

Senin, 20 Juli 2020

Protap Riau.com, DUMAI – Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) merupakan program untuk mengoptimalkan pencapaian maksud dan tujuan perguruan tinggi, yakni : Menghasilkan sarjana yang menghayati permasalahan masyarakat dan mampu memberi solusi permasalahan secara pragmatis.

Kelompok Mahasiswa UNRI yang tergabung dalam Kukerta di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai melaksanakan kegiatan Penyemprotan cairan Disinfektan beberapa rumah ibadah, fasilitas umum, dan di beberapa area depan rumah warga berlangsung dari tanggal 9-10 Juni 2020.

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol yang bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada ruangan atau permukaan benda mati. 

Penyemprotan Disinfektan berguna menangkal virus Covid-19, kegiatan ini banyak dilakukan pemerintah. Oleh karena banyaknya manfaat penyemprotan Disinfektan itu Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 kelurahan Bukit Batrem ikut serta berpartisipasi dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Pentingnya Disinfeksi dikarenakan virus Covid-19 ini bisa bertahan di benda mati. Bahkan di udara hingga beberapa jam. Untuk benda, bisa dengan disinfektan yang mengandung alkohol minimal 65% atau bahan lain. Bisa juga dengan sodium chloride yang bisanya ada pada pemutih/bleaching agent. Penyemprotan disinfektan harus rutin agar benda yang disentuh nantinya tidak mudah terkontaminasi.

Dalam kegiatan ini, Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri beranggotakan 5 orang mahasiswa yaitu Oki Wijayanti dari program studi Ilmu Hukum, Desri Rahmadhani dari program studi PGSD, Ulyani Lizamil Haqqi dari program studi PGSD, Rifka Rifana dari program studi PBSI, dan Siti Aisyah dari program studi PBSI bekerja sama dengan pemuda setempat serta Karang Taruna Bukit Batrem.

Penyemprotan Disinfektan yang dimulai pada pukul 8 pagi yang dimulai dari Masjid Al-Muhajirin Bukit Batrem, lalu dilanjutkan ke area depan rumah warga sekitar dan di akhiri dengan penyemprotan Disinfektan di Masjid Nurul Haq Bukit Batrem.

Dalam menjalankan program kerja ini, Tim Kukerta Relawan Covid-19 Bukit Batrem dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Asral ST., M.Eng. Kegiatan penyemprotan disinfektan oleh Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 tersebut mendapat apresiasi dari warga setempat (Rls)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed