by

Kepala Desa Balai Makam Pimpin Operasi Yustisi PPKM Berbasis Mikro dan Pembagian Masker.

Foto Kepala Desa Balai Makam Agushar/Sekdes Baharuddin Saat Pimpin Operasi Yustisi PPKM Berbasis Mikro dan Pembagian Masker didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

BATHIN SOLAPAN- Protap Riau Com.

Guna menekan penyebaran dan pengendalian Covid 19 dan Mendasar dari Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 terkait penanganan virus corona (Covid-19). dan Surat Edaran Bupati Bengkalis Tahun 2021 tentang Pembentukan Posko Penanganan Covid 19 dalam PPKM di Tingkat Desa, Satgas Penanganan Covid-19 Desa Balai Makam Selasa (11/5/21) Pagi sekira pukul 09.30.Wib melaksanakan Operasi Yustisi dan pendisiplinan pemakaian masker di wilayah Desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis bertempat di Posko Utama PPKM SKLA MIKRO Penanganan Covid-19 Desa Balai Makam.

Kegiatan operasi Yustisi PPKM berbasis mikro dan pembagian masker serta penegakan hukum tersebut dilaksanakan oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Satlinmas dan Relawan Covid-19. Hukuman atau sanksi yang di berikan berupa, teguran secara humanis, bernyanyi dan memberikan masker bagi masyarakat yang melintasi jalan depan Balai Desa Balai Makam tersebut.

Babinsa Hery berharap masyarakat benar-benar bisa memahami dan mematuhi protokol kesehatan khususnya penggunaan masker saat keluar rumah sehingga bisa menekan penyebaran dan pengendalian Covid 19.

Hery menambahkan “adanya operasi yustisi dan pembagian masker tersebut agar dapat merubah pola pikir warga bahwa masker bukan sekedar formalitas, akan tetapi sebagai pelindung diri dan juga orang lain dari paparan covid-19.

Sementara Kepala Desa Balai Makam, Agushar diwakili Sekdes Baharuddin. menerangkan bahwa kegiatan operasi Yustisi dan pembagian masker merupakan wujud keseriusan pemerintah desa dalam pencegahan penyebaran dan pengendalian Covid 19,

Pelaksanaan operasi yustisi ini akan dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda dan operasi yustisi tersebut guna memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam hal penggunaan masker sehingga bisa mencegah penyebaran dan pengendalian Covid 19. Ia pun berharap Desa Balai Makam bebas dari wabah Covid 19.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Desa Balai Makam, Tenaga Kesehatan (Puskesmas Balai Makam) beserta jajaran Pemerintah Desa Balai Makam, Kecamatan Bathin Solapan namun tetap menerapkan protokol kesehatan.”ujar sekdes Baharuddin.

Kemudian Kegiatan ini dilakukan, berawal dari melihat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan penularan virus Covid-19. Dimana pemerintah menetapkan PPKM Mikro yang diberlakukan mulai tingkatan level Desa, Kelurahan hingga ketingkat terendah yaitu RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga).

Selain kegiatan sosialisasi,dengan dibantu oleh Aparatur Pemerintah Desa Balai Makam juga melakukan kegiatan pembagian masker beserta stiker mengenai ajakan penerapan protokol kesehatan 5M, yaitu Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas. Proses pembagian masker ini dibagikan di jalan raya dan juga masyarakat di Desa Baujeng.

Sehingga diharapkan dengan adanya pembagian masker ini dapat memberi kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19 ini, “Selama masa Pandemi Covid-19, kami berusaha mengajak masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan. Oleh karena itu diharapkan dapat membangkitkan kesadaran penggunaan masker ketika keluar rumah yang merupakan salah satu uapaya untuk membantu mencegah penyebaran virus covid-19 bagi masyarakat di Desa Balai Makam,” ujarnya.

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Balai Makam, Bripka Pamil Saputra sangat mengapresiasi kegiatan bagi-bagi masker yang dilakukan oleh Pemdes Balai Makam. Dikarenakan menurutnya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan dari gugus tugas Covid-19 baik dari tingkat pusat maupun desa, “Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu meningkatkan pemahaman serta memotivasi masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.”pungkasnya. (R.Sut).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed