by

Wakil Ketua DPRD Kaderismanto Hadiri Pembukaan MTQ Ke III Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Bathin Solapan

Senin, 16 Maret 2020

Protap Riau.Com, BATHIN SOLAPAN – Wakil Ketua DPRD dan sejumlah anggota DPRD, beserta Plh Bupati Kab.bengkalis Bustami HY, ketua LPTQ Provinsi Riau, Ketua LAMR, saat menekan tombol serine MTQ Ke 3 Tingkat Kec.Bathin solapan Tahun 2020 M/ 1441 H yang menandakan Musabaqah Tilawatil Quran ini resmi di buka.

Wakil Ketua DPRD Kaderismanto dan sejumlah anggota DPRD dapil Pinggir Mandau, Bathin Solapan menghadiri malam pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 3 Tingkat Kecamatan Bathin Solapan tahun 2020 M/1441 H yang di helat oleh Pemerintah Daerah yang di pusatkan di lapangan kantor Desa Simpang Padang, Jln. LKMD, Kecamatan Bathin Solapan resmi sudah dibuka oleh Plh Bupati Bengkalis Bustami.HY, Minggu (15/03/20) Malam.

Ketua Panitia MTQ Ke 3 Asrizal.SH.MH saat memberikan sambutanya.

Sambutan ketua Panitia MTQ Ke-III tingkat Kecamatan Bathin Solapan Asrizal menyampaikan, dalam sambutanya MTQ tingkat Kecamatan ini mengusung tema,” Gemar Membaca Al Qur’an Merajut Kebaikan, Kedamaian Dan Kebersamaan Dalam Mewujutkan Bathin Solapan Yang Ihsan”.

Peserta, sebanyak 231 orang berasal dari 13 Desa bersaing berebut prestasi di MTQ. Ada 12 cabang, yang diperlombakan diantaranya, tartil Qur’an, tilawah tingkat anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, qiroat, hapalan 1 juz, hapalan 5 juz 10 Juz, 20 juz dan 30 juz, serta syarhil beregu dipertandingkan.

Kemudian, Kedatangan Plh Bupati Bustami dan rombongan didampingi Ketua TP PKK Kasmarni disambut antusias masyarakat Kecamatan Bathin Solapan yang ingin menyaksikan pembukaan MTQ Ke 3 tingkat Kecamatan berlangsung.

Acara dilanjutkan, dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kasmarni dan langsung meninjau Stand Bazar, didampingi Plh Bupati Bustami, Camat Bathin Solapan Wahyuddin, Ketua Panitia Asrizal, Ketua LPTQ, Ketua LPTQ Kab. Bengkalis Ketua MUI Kec.Mandau. Kepala KUA Mandau Mahzum dan juga di dampingi oleh sejumlah kepala dinas dilingkungan Pemkab Bengkalis.”Ujarnya.

Pembukaan Stand Bazar tersebut, ditandai dengan pemotongan tali pita oleh Kasmarni sebagai Ketua Tim Penggerak PPK Kabupaten Bengkalis, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan di masing-masing stand bazar.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni didampingi Pelaksana Harian Bupati Bengkalis H Bustami HY dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita beserta diikuti para rombongan lainnya, berkesempatan untuk melihat hasil kreatifitas yang di tampil dari masing-masing stand.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril berkesempatan berdialog singkat di masing-masing disetiap Stand Bazar yang dikunjunginya.

Kasmarni memberikan apresiasi kreatifitas-kreatifitas yang ditampilkan dari masing-masing Tim Penggerak PKK Desa Kecamatan Bathin Solapan.

“Kami berharap, melalui ajang MTQ ini dapat memberikan semangat terutama kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan Bathin Solapan ini, agar senantiasa terus berkreasi, berinovasi dan kreatif dalam mengembangankan dan menjalankan program-program PKK,”Kata Kasmarni.

Dan sebagai pembuka MTQ Bathin Solapan, dengan membaca kitab suci Al Quran oleh Qori jemputan terbaik 1 MTQ tingkat internasional dan Provinsi Riau DMDI oleh Azwan Yusuf,S.Sos dan do’a bersama dipimpin Kepala KUA Mandau Mahzum. Berikut, penyerahan Piala oleh Camat Bathin Solapan Wahyuddin kepada Ketua Panitia Pelaksana MTQ,”Kata Asrizal,SH.MH.

Foto Camat Bathin Solapan,Wahyuddin saat dirinya memberikan sambutan di MTQ tingkat Kec Bathin Solapan.

Sementara itu, Camat Bathin Solapan Wahyuddin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan di gelarnya MTQ ini adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci Al Qur’an. Serta, menumbuh kembangkam syiar Islam khususnya di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis ini.

Tentunya juga, untuk memilih peserta terbaik dari semua cabang yang diperlombakan dengan pelaksanaan MTQ ke 3 tingkat Kecamatan Bathin Solapan Tahun 2020. Mari, kita tingkatkan Kecintaan Terhadap Al Qur’an Annul Karim”, Jadwal MTQ akan dilaksanakan hingga tanggal 15 Maret Hingga 20 Maret 2020 mendatang.

Tentu saja, kegiatan terselenggaranya ini. Tidak, terlepas dari peran penting Panitia pelaksana dan Masyarakat Kecamatan Bathin Solapan. Khususnya, Desa Simpang Padang yang sudah mendukung mensukseskan MTQ Ke-III. Untuk itu, saya memberikan apresiasi sedalam-dalamnya, “Tuturnya.

Lanjut Wahyuddin menurutnya, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah sebuah acara pemanfaatan Festival Kitab Suci umat Islam yang setiap tahun. Terus, dilakukan pemerintahan daerah. Dalam, menanamkan Nilai-nilai Religius ke Masyarakat Bengkalis negeri junjungan yang kita cintai.

“Saya harap, membaca Al Qur’an bukan hanya dilakukan di Festival yang terus berlanjut di budayakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kita terus mengamalkan isi Al Qur’an dalam kehidupan kita sehari hari,”Tutup Camat Bathin Solapan Wahyuddin.

Plh Bupati Bengkalis Bustami HY dalam sambutan di MTQ sekalIgus membuka secara resmi MTQ tersebut.

Sambutan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H.Bustami HY berharap, melalui momentum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Agar dapat kita untuk bersama-sama merefleksikan diri dengan cara berdzikir, dan bertafakur guna membangun akhlak dan peradaban.

Hal tersebut, disampaikan Bustami pada pembukaan MTQ ke-3 tingkat Kecamatan Bathin Solapan yang merupakan salah satu media ampuh dan strategis untuk menghidupkan dan menumbuh kembangkan kecintaan umat islam terhadap Al-Quran sebagai tuntunan hidup.

Setiap penyelenggaraan MTQ seperti ini, sepatutnya mampu untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah, karena yang di musabaqah kan adalah kalam dan firman Allah SWT.
Penyelenggara MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Qur’an serta mengamalkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Bustami menambahkan, sungguh keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syi’ar keagamaan. tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai – nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. pemahaman dan kesadaran inilah, yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat.

Bustami juga Menambahkan,”Perlu kami sampaikan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani.

“Al-Quran merupakan, sumber pengetahuan yang mengandung nilai nilai kehidupan yang baik. Serta, mempunyai posisi yang sangat vital untuk membangun mental spiritual serta akhlak bangsa,”Kata Bustami.

Selanjutnya, Bustami menambahkan melalui pelaksanaan MTQ untuk dapat dijadikan sebagai ajang prestasi generasi qurani yang bergengsi dan perlu disebar luaskan kepada seluruh masyarakat.

“Melalui kegiatan MTQ ini, kita berharap dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas di kecamatan pinggir dan Kabupaten Bengkalis umumnya. dan yang tak kalah pentingnya lagi, MTQ untuk memperluas dan meningkatkan syi’ar islam serta membangun ukhuwah islamiyah,”Kata Bustami.

Wakil Ketua DPRD Kaderismanto dan sejumlah anggota DPRD lainya.

Di sela-sela kehadirnya Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Kaderismanto berharap, dengan adanya MTQ tingkat Kecamatan ini akan menghadirkan Qori dan Qoriah yang berprestasi untuk nantinya bisa berkompetisi pada MTQ tingkat Kabupaten.

Semoga, dengan adanya kegiatan ini bisa melahirkan peserta yang semakin meningkatkan keimanan dan lebih berprestasi serta dapat menjadi teladan baik di lingkungan sekitar maupun di luar,”Harapnya.

Tampak Hadir Anggota DPRD Kab.Bengkalis.

Kemudian, Kaderismanto mewakili anggota DPRD yang hadir dirinya mengharapkan kepada para dewan juri saat memberikan penilaian kepada kafilah MTQ yang mengikuti ajang ini. Berikanlah, nilai yang sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya kepada seluruh peserta lomba,”Ucap Wakil Ketua DPRD Kaderismanto kepada sejumlah awak media.
Tampak Hadir Anggota DPRD Kab.Bengkalis
Tampak Hadir Anggota DPRD Kab.Bengkalis

Tampak hadir, di acara tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juwita, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Kaderismanto beserta angota DPRD Kabupaten Bengkalis Hendri, H Ariyanto, Syafroni Untung, Giyatno, Rianto, Al-Azmi, Zuhandi, Simon Lumban Gaol, Sanusi, Kapolsek Mandau Kompol Arvin Hariyadi, Danramil Mandau Komandan Rayon Militer (Danramil) 04/ Mandau Kapten Arh H Sitorus.

Di kesempatan yang sama, Nanang Haryanto,SH, sekretaris Komisi I DPRD kab.Bengkalis dalam hal ini, mengapresiasi kepanitia’an MTQ ke-3 Tingkat Kecamatan Bathin Solapan yang telah berhasil melaksanakan acara. Hingga, sukses. Sehingga, dihadiri oleh ribuan masyarakat sekitar. Ia juga, berterima kasih kepada Qori Internasional yang telah tampil memukau pada acara tersebut.

Foto sekretaris Komisi I DPRD Nanang Haryanto,SH bersama Kapolsek Mandau KOMPOL Arvin Hariyadi.SIK.

Saya ucapkan, juga terima kasih kepada Plh Bupati Bustami HY yang telah berkesempatan menghadiri acara MTQ ini. Serta, anggota DPRD Dapil Mandau Pinggir lainnya yang turut memeriahkan acara,”Ucapnya.

Kemudian, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah sebuah acara pemuliaan Kitab Suci umat Islam yang setiap tahunnya terus dilaksanakan Pemerintahan Daerah. Dalam, menanamkan nilai-nilai religius kepada Masyarakat. Oleh karena itu, Pembacaan Alquran, bukan hanya dilakukan dalam acara MTQ ini saja. Melainkan, terus dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, kita terus mencintai Alquran dalam kehidupan kita.

Nanang mengharapkan, dengan adanya MTQ ini semoga dapat menghadirkan Qori dan Qoriah yang berprestasi. Untuk, nantinya bisa berkompetisi pada MTQ tingkat kabupaten dan Provinsi. (ADV/R .Sutarno).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed