by

45 Anggota DPRD Terpilih Periode 2019-2024 Bakal Dilantik 16 September 2019 Mendatang

Kamis, 29 Agustus 2019

PROTAP RIAU.COM, Bengkalis – Sejumlah 45 anggota DPRD terpilih Priode 2019-2024 Kab.Bengkalis bakal mengucapkan sumpah/janji sebagai wakil rakyat Senin, 16 September 2019 mendatang.

Pengucapan sumpah/janji tersebut, dilakukan sempena berakhirnya masa bakti anggota DPRD Kabupaten Bengkalis 2014-2019 pada Ahad, 15 September 2019. Sebab, mereka mengucapkan sumpah/janji pada Senin, 15 September 2014.

“Masa jabatan, anggota DPRD kabupaten/kota adalah 5 (lima) tahun dan berakhir pada saat anggota DPRD kabupaten/kota yang baru mengucapkan sumpah/janji”, demikian bunyi Pasal 367 ayat (4) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DDPR, DPD dan DPRD.

Sebagaimana telah terpublikasikan secara luas melalui media online, Sekretaris DPRD Kabupaten Bengkalis (Sekwan) Radius Akima menjelaskan, pihaknya sudah menyusun agenda Rapat Paripurna untuk proses pengucapan sumpah/janji 45 anggota DPRD dimaksud.

Katanya, Rapat Paripurna tersebut bakal ditaja di lantai II gedung DPRD Bengkalis, jalan Antara Bengkalis.

“Dalam waktu dekat ini, kita segera membentuk panitia untuk prosesi pengucapan sumpah/janji tersebut,”Kata Radius Akima, Selasa, 27 Agustus 2019.

Ketentuan, tentang pengucapan sumpah/janji tersebut diatur dalam Pasal 368 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018.

Ayat (1), isinya, “Anggota DPRD kabupaten/kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh ketua pengadilan negeri dalam rapat paripurna DPRD kabupaten/kota.”

Sedangkan, ayat (2), “Anggota DPRD kabupaten/kota yang berhalangan mengucapkan sumpah/janji bersama-sama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengucapkan sumpah/janji yang dipandu oleh pimpinan DPRD kabupaten/kota.”

Berikut, (kira-kira) bunyi sumpah/janji 45 anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dimaksud dalam Pasal 368 tersebut yang akan mereka ucapkan secara bersama-sama pada Senin, 16 September 2019, bulan depan:

“Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji:

Bahwa, saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

Bahwa, saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan;

Bahwa, saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.( R.Sutarno ).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed