by

DIDUGA KARNA KARLAHUT, JEJAK HARIMAU BERMUNCULAN

Jumat, 27 September 2019

Protap Riau.com, Rengat – Dengan Guyuran Hujan, Akhirnya Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Indragiri Hulu sangatlah terbantu. Namun, luasan hektare karlahut dikabupaten Inhu sampai saat ini Belum dapat diperhitungkan. Setelah, hujan mengguyur kabupaten Inhu ditemukan pula jejak harimau di lokasi bekas kebakaran.

Dugaan, jejak harimau itu ditemukan di Desa Rawa Sekip Kecamatan Rengat, tidak jauh dari areal perkebunan kelapa sawit milik PT SBL.

Jejak-jejak Harimau ini, dibenarkan oleh Anggota Satgas pemadaman Karhutla gabungan dari Koordinator Lapangan Brigade Manggala Agni Daops Rengat Achmad Zubeir, Rabu (25/9/2019).

“Jejak Atau tapak harimau tersebut, pertama kali ditemukan oleh warga setempat yang selanjutnya dilaporkan ke tim satgas Karhutla,”Kata Acmad Zubeir.

Dikatakan nya mendapatkan laporan warga, Danpos Kecamatan Kuala Cenaku Peltu Nuryadin meminta salah seorang anggota Manggala Agni untuk melaporkan ke Bidang KSDAE wilayah 1 Rengat.

“Kita dapat laporan, dari warga saat menuju Desa Rawa Bangun ketika hendak patroli padamkan api. Karena, di pertengahan jalan adanya laporan dari warga temuan jejak tapak harimau di Desa Rawa Sekip. Maka, setelah itu kita laporkan ke Bidang BKSDA untuk ditindak lanjut,”Ujarnya.

Selanjutnya, tim dari BKSDAE Rengat yang dipimpin Kepala Resor BKSDA Pekan Heran Bidang Wilayah 1 Rengat Zulkifli menuju lokasi, dan memang terdapat dugaan bekas jejak harimau di lokasi tersebut.

Dugaan, jejak Harimau tersebut langsung dilakukan penelitian dan mengecek dengan teliti apakah itu benar tapak harimau atau bukan.

“Pak Zulkifli mengimbau masyarakat sekitar untuk berhati-hati dan waspada, mengingat dampak dari karhutla bisa jadi para hewan-hewan liar dan buas keluar dari hutan. Karena, merasa terusik dengan adanya kebakaran,‚ÄĚPapar Achmad Zubeir. (Kdy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed