by

Forwalas Kecam Intimidasi Oknum Petugas Kesehatan Lamsel Terhadap Wartawan

Senin,1 Juni 2020.

Protap Riau.com,Lampung Selatan – Forwalas (Forum Wartawan Lampung Selatan) Kecam Oknum Petugas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan yang diduga menghalang-halangi Jurnalis saat Melakukan tugas peliputan serta mencoba merampas peralatan liputan.

Insiden yang tidak menyenangkan itu terjadi didepan loket pejalan kaki PT. ASDP Cabang Bakauheni,disaat Wandi jurnalis Media Online monologis.id yang bertugas melakukan peliputan pengecekan kesehatan.

Ketua Forwalas M.Halim.Ar menilai tindakan oknum petugas kesehatan yang menghalang-halangi kinerja wartawan saat bertugas tersebut telah mencederai kebebasan pers.

“Seperti yang dituangkan dalam UU Pers pasal 8 nomer 40 tahun 1999 disana sudah jelas secara tegas dijelaskan jurnalis  mendapat perlindungan hukum dalam menjalankan profesinya,” tegasnya Senin,(1 Juni 2020).

Halim menambahkan kinerja Jurnalistik yang meliputi mencari bahan untuk pemberitaan juga mengolah dan menjadi komsumsi publik maka yang menghalangi tugas jurnalistik dapat dipidanakan.

“Pasal 18 UU Pers menegaskan, setiap orang yang melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan menghambat atau menghalangi upaya media untuk mencari dan mengolah informasi, dapat dipidana dengan pidana kurungan penjara selama 2 tahun atau denda paling banyak 500 juta rupiah,” paparnya.

Atas Peristiwa tersebut Forwalas mengutuk Keras intimidasi terhadap jurnalis karena seharusnya oknum tersebut menghormati kebebasan pers,” pungkasnya (Rizki)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed