by

Kawasan Industri Tanjung Buton Bagaikan Mutiara Yang Siap Berkilau

Protap Riau.Com (SIAK) – Setelah sekian lama wacana menjadikan Pelabuhan Tanjung Buton sebagai terminal penampungan Crude Palm Oil (CPO), sebentar lagi kemungkinan hal tersebut akan terwujud. Jika tidak ada aral melintang, awal November ini akan dilakukan groundbreaking storage CPO di pelabuhan yang terletak di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak itu.

Groundbreaking storage CPO merupakan langkah awal menjadikan pelabuhan itu sebagai terminal penampungan CPO, guna memperlancar ekspor CPO Riau ke sejumlah negara di Asia, Eropa maupun Amerika.

“Awal November nanti, BUMD kita juga akan melakukan MoU dengan pabrik-pabrik kelapa sawit di Siak. Kita berharap, banyak (pabrik) yang mau MoU. Sebab jumlah pabrik kelapa sawit di Siak puluhan,” kata Bupati Siak, Alfedri saat bincang-bincang dengan Wartawan di Siak, Senin (11/10).

Tujuan kerjasama itu dilakukan agar kedepannya pabrik kelapa sawit di Siak membawa hasil olahannya ke Pelabuhan Tanjung Buton, tidak lagi ke Pelabuhan Dumai.

“Selama ini kan ke sana (Pelabuhan Dumai). Kedepannya, ke Tanjung Buton saja. Apalagi di Pelabuhan Dumai juga sudah over-kapasitas, dengan daya tampung hampir 7 juta ton CPO/tahun,” ujarnya.

Belum lagi, antrian panjang di Pelabuhan Dumai juga kerap terjadi. Truk tangki CPO bisa mengantri sampai 5 hari, hingga kelimpahannya bisa 1,5 sampai 2 juta ton pertahunnya.

“Nah, karena sudah segitu kelimpahannya, melalui Pelabuhan Tanjung Buton saja nanti ekspor-nya. Di Buton nanti, rencananya kita akan bangun 2 tangki timbun berkepastian 3.100 ton CPO,” kata dia.

Alfedri mengaku juga sudah menyampaikan wacana terminal penampungan CPO ini ke Bupati Pelalawan. Tujuannya, agar pabrik-pabrik kelapa sawit di Pelalawan juga nantinya mengekspor CPO melalui Pelabuhan Tanjung Buton.

“Pak Bupati Pelalawan, menyambut baik. Rencananya, BUMD kita (PT SPS), akan menjalin kerjasama dengan BUMD Pelalawan, agar nanti CPO dari sana bisa diekspor melalui Buton,” kata Alfedri.(Indra)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed