by

Bupati Rokan Hilir H.Suyatno Resmikan Bintek Pengelola Usaha Milik Desa / Kepenghuluan Dan Pembinaan Keuangan Desa Se Rokan Hilir

Senin, 09 Desember 2019

Protap Riau.Com, Rokan Hilir – Bapomas Rokan Hilir mengadakan kegiatan Bintek yang dikuti oleh BUMkep Desa se Rokan Hilir. Acara Pembukaan di Gedung H.Misran Rais Bagansiapiapi.

Tujuan Bimtek ini, adalah supaya aparat desa dalam mengelola keuangan desa dengan baik dan benar. Sehingga, tidak menimbulkan tindakan hukum dalam mengelola keuangan desa. Dengan, adanya Bimtek ini para peserta semoga dapat mengikuti dengan seksama dan dapat pula diterapkan sepulangnya ditempatnya desa masing-masing. Sehingga, desa mempunyai prestasi dalam mengelola keuangan desa dan masyarakatnya. Juga, dapat memanfaatkan dana desa sehingga mempunyai sumber pendapatan dari usaha yang dikelola dengan baik.

Bupati Suyatno dalam sambutan mengatakan, bahwa saya telah meminta kepada Dinas Pertanian dan camat. Untuk, menata kembali lahan tidur disetiap kecamatan. Dan lahan ini harus kita manfaatkan tidak bisa dibiarkan dan harus ada manfaatnya. Disampaikan, juga bahwa didumai sekarang sudah mempunyai pabrik gula, dan bahan bakunya tebu terdapat dipulau rupat. Dengan, demikian kita juga dapat untuk menanamkan tebu dan panen sudah ada pemasarannya.

Awak media mewancara bupati H.Suyatno mengatakan, bahwa bimtek yang diikuti oleh para keuangan yang ada masing masing keperluan dan juga direktur BUMkep rokan hilir jika kita mengundang narasumber dari BPK perwakilan provinsi riau. ini suatu hal yang menarik saya pikir, yang perlu kita tindak lanjuti kenapa dikumpulkan hari ini, banyak persoalan persoalan yang ada di masing masing kepenghuluan terkait dengan pengelolaan keuangan desa yang mereka terima.

kita apresiasi, terima kasih mudah mudahan para peserta bimtek dapat menanyakan persoalan persoalan yang mereka hadapi kepada narasumber. Artinya ini adalah untuk perbaikan kita ke depan. mudah mudahan tidak ada lagi persoalan persoalan yang menyangkut dengan persoalan hukum di masing masing desa atau kepenghuluan dengan adanya bimtek ini,”Ucap bupati.

Saya berterima kasih, kepada Dinas PMD yang bener bener mempunyai niat yang baik untuk kita kelolaan keuangan desa yang ada di rokan hilir. Harapan, Bupati Rokan Hilir kita jangan sempat terjadi masalah proses hukum, Dan disampaikan juga terkait dengan masalah hukum. Gara-gara, dana desa tidak sedikit yang kena para pemangku-pemangku pengelolaan keuangan, yang ada di masing -masing desa.

Ditekankannya, sekali lagi mudah mudahan tidak ada yang bermasalah dalam mengelola dana desanya. Itu berjalan, bagaimana jarak kan terkait. Pengelolaan, lahan tidur untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Bupati Suyatno menyampaikan, juga bahwa semalam saya dengan bapak menteri di dumai, beliau menyambut baik gagasan yang sudah kita sampaikan memang banyak sekali lahan-lahan yang belum digarap sama sekali. Diucapnya, dumai dalam waktu dekat akan diresmikannya pabrik gula, potensi yang di depan mata ini harus kita raih. Saya sudah, minta dengan bapak menteri silakan saja di rohil menanam tebu sebanyak-banyaknya. Sementara, pimpinan perusahaan siap membeli tebu dari rokan hilir bilamana tebu-tebu itu ditanam dirohil.

Kepala Dinas PMD Rohil menyampaikan keawak media, Acara ini untuk pelatihan terhadap BUMkep ini pesertanya seluruh bom ket yang miliar mungkin itu istilah nasionalnya bumdes, total seratus lima puluh sembilan kepenghuluan yang hadir ini adalah direkturnya langsung para rektornya yang kita undang. agar kita berkeinginan bisa menterjemahkan apa yang menjadi prioritas dari program pemerintah terhadap pengembangan. pengungkapan ini karena bungkap ini memang bisa berjalan dengan baik, kita percaya ekonomi desa itu akan baik.

Maka dari itu, untuk bisa menjalankan roda BUMkep itu dengan baik. Makanya, personil yang pengelolaannya harus punya ilmu. Kita mengharapkan, mereka itu bisa mengembangkan. Bisa, inovatif bisa mencari solusi bisa memperkaya kegiatannya. Sehingga, BUMkep itu bisa mendapatkan penghasilan kepala desa. Saya, seperti ini saya jawa itu kan besar penghasilan pendapatan pemiliknya.

Kedua, kita juga sekarang hari ini untuk pembukaannya bupati Rojan Hilir minta sekaligus kan di sini ini kaur keuangan. Nomor keuangannya, adalah orang yang memegang peranan penting bagaimana proses perencanaan. Keuangan, dibuat, bagaimana pengajuannya, bagaimana pengelolaannya. Pelaksanaannya, dan sampai dengan penatausahaan. Pelapornya ini, adalah merupakan tupoksi dari keuangan sehingga nanti dengan adanya beberapa kali sudah ini bukan yang pertama berapa kali kita pelatihan kita buat ada yang kita bimtek kali keluar ada yang kita turun ke desa tetapi ini memang kita satukan anggaran kita ada.

Kita berharap, sesuai dengan harapan bapak Bupati rohil tadi dengan adanya pelatihan ini mereka paham apa yang dikerjakan bagaimana cara. Membuatnya, apa yang saya pertanggung jawabkan. Sehingga, kita ingin juga ada penilaian positif dari propinsi maupun pusat terhadap rohil ini. Dalam hal, pengelolaan keuangan yang baik. Harapan nya, mengakhiri wawancara ucap kadis PMD Rohil.

Turut hadir, Acara Pembukaan Bintek ini adalah Sekda Rohil Drs.H.Surya Arfan Msi. Kepala OPD, Camat, Nara Sumber dari BPK Perwakilan Riau, Para perserta Bimtek. (riaputra)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed