Pilihan Editor

by

Demo di Kampar Sempat Ricuh

Selasa,17 Juni 2014

Foto:RG.C
Foto:RG.C

Protap Riau.Com, BANGKINANG- Unjuk rasa ratusan massa yang menamakan diri Gerakan Rakyat Kampar (Gerak) masih terus berlanjut. Unjuk rasa pada Senin (16/6) sempat ricuh, sehingga aparat kepolisian terpaksa menyemprotkan air ke arah massa.

Aksi demo dilakukan oleh sejumlah mahasiswa sebagai oratornya. Mereka berkumpul di gerbang depan Kantor Bupati Kampar, sekitar pukul 13.00 WIB. Situasi yang ricuh itu dipicu oleh keadaan di mana massa berulang-ulang menarik kawat berduri yang dipasang pihak kepolisian di depan pintu gerbang kompleks perkantoran Pemkab Kampar meskipun sudah diberi peringatan. Menyikapi itu, kepolisian akhirnya terpaksa menyemprotkan air ke tengah kerumunan massa.

Tak lama berselang, kerumunan massa terbelah. Situasipun mulai mereda. Rahmat, salah seorang koordinator demonstran menyerukan kepada massa untuk berkumpul di dekat soundsystem dan jangan terpancing emosi. Jangan ada yang melakukan kerusuhan. ‘’Mari berkumpul di dekat soundsystem, jangan ada yang berbuat ricuh. Pak polisi, tolong hentikan airnya,’’ teriak Rahmat.

Setelah sempat beristirahat pada jadwal salat Ashar, akhirnya massa membubarkan diri sekitar pukul 17.30 WIB. Massa membubarkan diri dengan tertib dan pakaian mereka sebagian basah kuyup.

Pada kesempatan terpisah, Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono SIK kepada Riau Pos, Senin (16/6) di sela memantau pengamanan lokasi demonstrasi mengatakan, proses hukum laporan Nur Asmi atas kasus dugaan penganiayaan yang dialaminya dilimpahkan oleh penyidik Polres Kampar ke penyidik Polda Riau.

Pelimpahan proses hukum terhadap laporan Nur Asmi dilaksanakan pada Senin (16/6). ‘’Jadi, mulai hari ini (kemarin, red), proses penyelidikan kasus dugaan penganiayaan itu sudah ditangani lebih lanjut oleh penyidik di Polda Riau,’’ ujar Kapolres.

Mengenai alasan pelimpahan proses penyelidikan tersebut, Kapolres mengatakan bahwa hal itu karena Polres Kampar harus lebih fokus pada pengamanan menjelang pemilihan presiden 2014 yang sudah semakin dekat. ‘’Polres memang harus semakin konsen dalam pengamanan pilpres,’’ ucap Kapolres lagi.(Rp.C/DK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *